BERAMAL LEWAT TULISAN

Minggu, 01 Juli 2012

Dunia di Saku Celanaku




Dunia yang katanya bulat namun bulatnya tidak semulus bola. Dunia dengan 6 benua dan 5 samudranya. Dunia yang membentang dari barat hingga timur dan dari utara hingga selatan. Dunia dengan Kutub Utara dan Kutub Selatannya. Dunia yang di kapling-kapling menjadi 200an negara dengan patok bendera membedakan bangsa yang satu dengan bangsa yang lain. Dunia yang dihuni sekitar 7 milyaran manusia. Dan dunia dengan segala isinya tempat hidup kita semua. 

Itulah dunia salah satu maha karya Sang Pencipta. Padahal masih banyak lagi ciptaanNya yang lebih besar dari sekedar dunia ini. Subhanallah, aku akan terus bersujud kepadaMu bukan selain Engkau, karena aku takut kalau Engkau cemburu atau murka kepadaku.

Sejak dulu kala hingga kini tidak terhitung jumlahnya manusia yang telah menjelajahi dunia. Diawali oleh Nabi Adam sampai anak cucunya kini terus bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain. 

Itulah dinamika dunia yang akan selalu hidup karena ada pergerakan makhluk dengan pelaku utamanya bernama manusia. Bagaimana kalau semua makhluk yang ada di bumi ini termasuk manusia tidak pernah bergerak, pastinya bumi akan hampa seperti planet-planet lainnya di luar bumi.

Sebagai ilustrasinya sebagai berikut, kita semua pernah menonton film sejarah, film dokumenter atau film-film masa lalu. Durasinya mungkin paling lama sampai 3 jam. Di dalam film dikisahkan berbagai cerita yang runtun dari awal sampai akhir. Setelah itu kita bisa menyimpulkan ceritanya. Begitupun bagi para penjelajah yang berkeliling ke berbagai belahan dunia akan memerlukan waktu berbeda-beda untuk mencapainya. Lamanya ada yang 3 hari, 1 minggu, 1 bulan atau ada yang tahunan. Berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya, lalu mereka menceritakan kisah petualangannya.


Yang lagi nge-trend saat ini adalah hobi traveling dengan biaya murah. Kemudian setelah itu mereka masing-masing menulis ke dalam editan komputer, facebook, wordpress ataupun blog misalnya. Berpuluh-puluh pengalaman traveling yang dilakukan oleh para pendahulu hingga kini, kisahnya yang panjang bisa disimpan hanya dalam sebuah flashdisk kecil berukuran 1 atau 3 sentimeter saja. Itulah teknologi buatan manusia masa kini, dan mungkin hal apalagi yang akan diciptakannya nanti.


Memang benar hidup di dunia ini hanya transit sebentar saja. Hidup cuma sementara. Bahkan kita sering bilang, "Perasaan baru kemarin ya kita lulus SMU, nggak terasa sekarang kita dah lulus kuliah".


Itulah gambaran teknologi buatan manusia masa kini. Bagaimana dengan teknologi Allah sebagai pencipta manusia ? Gambaran di hari akhir nanti semua catatan baik buruk manusia akan diputar dan di open file dari Mega Super Computer-nya Allah. Tidak ada satupun rekamanNya yang terlewat. Sedangkan kita baru bisa menyimpan DUNIA di SAKU CELANAKU saja sudah sombongnya luar biasa.  


Sebuah renungan untuk kita semua.




copyright© by RUSDI ZULKARNAIN
email : alsatopass@gmail.com

Tidak ada komentar: